Skip to main content

Trend Issue Tragedi Kanjuruhan di Social Media Twitter

Gambar 1. Tweets by Types

Setelah terjadinya tragedi Kanjuruhan, media sosial ramai membicarakan tentang Kanjuruhan mulai dari twitter, instagram, dan media sosial lainnya. Di twitter isu ini memuncak di hari pertama dan kedua setelah kejadian. Sejak tanggal 1 hingga 19 Oktober 2022 terdapat 145.155 tweets, 5.702.390 likes, 335.152 replies, dan 1.616.902 retweets. Dari hasil interaksi publik di media sosial dapat diketahui bahwa peningkatan tweet isu kanjuruhan juga di ikuti dengan meningkatnya jumlah likes, replies, dan retweets. Kecuali di tanggal 3 sampai 4 Oktober tren pada tweets, likes, dan retweets memiliki total tren yang berbanding terbalik (tweet menurun di tanggal 4 Oktober, sedangkan likes dan retweets meningkat).

Sekitar 73,10% publik memberikan respon berupa likes pada tweets atau hasil retweets dari akun-akun yang melakukan postingan isu Kanjuruhan dan kemungkinan mereka juga melakukan like lalu me-replies atau me-retweets postingan dari akun-akun yang membahas tentang isu Kanjuruhan.

Gambar 2. Boxplot Analysis

Berdasarkan hasil analisis boxplot diketahui bahwa mayoritas jumlah tweets terkait isu Kanjuruhan disetiap harinya pada tanggal 1 hingga 19 Oktober 2022 terdistribusi pada rentang 2.439 – 9.838 tweets atau kurang lebih di setiap harinya berada sekitar 4.864 tweets dengan jumlah likes sekitar 201.253, replies 8.801, dan jumlah retweets 54.521 berdasarkan dari jumlah tweets, likes, replies, dan retweets per harinya.

Gambar 3. Tren Isu Kanjuruhan

Gambar 4. Persent Different Trend Issue Kanjuruhan

Di tanggal 1 Oktober 2022 setelah kejadian hanya terdapat 1 tweet, hal ini dikarenakan kejadian kerusuhan mulai terjadi menjelang tengah malam dan pada tanggal 2 Oktober 2022 narasi isu Kanjuruhan di twitter meningkat drastis menjadi 966 tweets, dengan persentase selisih sebesar 96.500% dan tweets dilakukan oleh akun media yang memperbincangkan terkait ucapan bela sungkawa dan penyebab terjadinya kerusuhan di stadion Kanjuruhan.

Kemudian perbincangan tentang isu Kanjuruhan masih terus meningkat dan menjadi trending topik di twitter pada tanggal 3 Oktober dengan selisih peningkat yang sangat besar yaitu sebesar 28.412 tweets (2.941% dari hari sebelumnya). Kerusuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan ini merupakan kerusuhan yang menggemparkan persepakbolaan tak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga dunia, bahkan sejumlah media asing membuat dokumentasi dan investigasi langsung ke stadion Kanjuruhan dan menjadi trending topik di twitter. Tak hanya itu terdapat tweets kritikan terhadap polisi yang melakukan tembakan gas air mata dan konten berupa ucapan berbela sungkawa yang disampaikan oleh akun Presiden Jokowi, media online, influencer, dan akun publik lainnya terhadap korban tragedi Kanjuruhan.

Di tanggal 4 – 10 Oktober isu kanjuruhan mulai turun dan naik kembali di tanggal 11 Oktober dengan selisih 2.297 tweet membicarakan tentang kondisi para korban tragedi Kanjuruhan yang melakukan perawatan di rumah sakit dan isu tentang kapolresta Malang yang anggotanya sujud massal meminta maaf kepada para korban tragedi Kanjuruhan.

Kemudian di tanggal 18 Oktober publik kembali memperbincangkan terkait dengan akan dilakukannya pemulihan stadion Kanjuruhan yang disampaikan presiden Jokowi sesuai dengan standar FIFA.

Lebih dari 20 topik isu Kanjuruhan yang sering diulas oleh publik di media sosial twitter.

Gambar 5. Unigram Frequency Analysis Issue Kanjuruhan

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa isu Kanjuruhan di media sosial twitter sebanyak 13,69% membahas tentang entitas korban dan 6,60% membahasa lokasi kejadian yaitu jatim. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas publik cenderung menyoroti para korban tragedi Kanjuruhan dan tempat terjadinya tragedi tersebut. Selain itu kata stadion, gas, air, mata, polisi, dan polda juga menjadi sorotan publik.

Tabel 1. Contoh konten yang mengandung kata “korban” dan “jatim” di dalam tweet isu Kanjuruhan.

Gambar 6. Bigram Frequency Analysis Issue Kanjuruhan

Hasil analisis bigram juga menunjukkan bahwa 8,354% merupakan entitas korban Kanjuruhan dan 7% merupakan polda jatim yang menjadi kata mayoritas digunakan oleh publik dalam merespon isu Kanjuruhan, hal ini sejalan dengan hasil unigram artinya bahwa 2 kata “korban Kanjuruhan” sering digunakan secara bersamaan di dalam konten respon publik terhadap isu Kanjuruhan. Begitu juga 2 kata “polda Jatim” menjadi kata yang sering digunakan di dalam konten isu Kanjuruhan. Menariknya lagi respon publik juga menyoroti entitas “trauma korban” yang artinya bahwa publik begitu memperhatikan atau banyak memperbincangkan psikis dari para korban.

Tabel 2. Contoh konten yang mengandung kata “korban Kanjuruhan” dan “polda jatim” di dalam tweet isu Kanjuruhan.

Gambar 7. Trigram Frequency Analysis Issue Kanjuruhan

Terdapat beberapa kalimat yang mayoritas digunakan pada konten publik isu Kanjuruhan yaitu sebesar 19,37% mengandung kalimat “gas air mata” dan 8,87% mengandung kalimat “korban tragedi Kanjuruhan”. Hal ini menunjukkan bahwa 3 kata yaitu gas, air, dan mata mayoritas digunakan secara bersamaan didalam konten perbincangan publik dikarenakan publik mulai menduga bahwa gas air mata merupakan penyebab dari adanya tragedi Kanjuruhan.

Kalimat “usut tuntas tragedi” dan beberapa entitas lainnya juga cukup mewakili bahwa memang konten publik terkait isu kanjuruhan berkaitan dengan penyebab dan dukungan bagi para korban agar isu ini segera diselesaikan dan di usut secara tuntas.

Tabel 3. Contoh konten yang mengandung kata “gas air mata”, “korban tragedi Kanjuruhan”, dan “usut tuntas tragedi” di dalam tweet isu Kanjuruhan.

Gambar 8. Wordcloud Hashtags Analysis

Jika berdasarkan hashtag nya terdapat beberapa kata yang sering digunakan sebagai hashtag di isu Kanjuruhan diantaranya kata “kanjuruhan”, “kanjuruhandisaster”, “prayforkanjuruhan”, “arenanews”, dan “whysalahpolisi”.

Username yang menjadi Sentral dan Communication Bridge Sosial Media Twitter Isu Kanjuruhan.

Berdasarkan hasil analisis akun yang memiliki jumlah tweets, likes, replies, dan retweets terbanyak di rentang tanggal 1 hingga 19 Oktober 2022 merupakan akun-akun media mainstream.

Gambar 9. Menunjukkan Top Username yang Sering Melakukan Tweets dan mendapatkan Likes

Top Tweets Akun Twitter

  1. detikcom dengan jumlah tweets 1.162.
  2. CNNIndonesia dengan jumlah tweets 584.
  3. kompastv dengan jumlah tweets 559.
  4. tvonenews dengan jumlah tweets 504.
  5. geloraco dengan jumlah tweets 108.

Top Likes Akun Twitter

  1. CNNIndonesia dengan jumlah likes 255.030.
  2. faktasepakbola dengan jumlah likes 225.980.
  3. detikcom dengan jumlah likes 223.684.
  4. kompastv dengan jumlah likes 209.756.
  5. idextratime dengan jumlah likes 202.497.

Gambar 10. Menunjukkan Top Username yang Sering Melakukan Replies dan mendapatkan Retweets

Top Replies Akun Twitter

  1. CNNIndonesia dengan jumlah replies 43.307
  2. detikcom dengan jumlah replies 23.952
  3. kompastv dengan jumlah replies 20.493
  4. idextratime dengan jumlah replies 10.228
  5. geloraco dengan jumlah replies 8.908

Top Retweets Akun Twitter

  1. CNNIndonesia dengan jumlah retweets 78.055
  2. detikcom dengan jumlah retweets 55.360
  3. faktasepakbola dengan jumlah retweets 53.993
  4. kompastv dengan jumlah retweets 50.799
  5. dextratime dengan jumlah retweets 45.892.

5 top akun twitter yang melakukan memiliki banyak tweets dan respon publik merupakan akun media mainstream. Dari ke lima akun tersebut yang paling banyak di likes, replies, dan di retweets adalah CNNIndonesia.

Gambar 11. Beberapa Tweets dari akun cnnindonesia

Social Network Analysis (SNA) Communication Bridges

Gambar 12. SNA Communication Bridges

Gambar 12 menunjukkan hasil analisis jaringan sosial terhadap username yang sering me-retweet akun @CNNIndonesia, @detikcom, dan @FaktaSepakbola. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa terdapat beberapa username yang menjadi jembatan penghubung pertukaran informasi dari media mainstream dan menyebarkan berita ke username lainnya.

5 top username communication bridges:

  1. @biskota_
    akun username @biskota_ merupakan akun yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 24.5 ribu dan akun ini memang bertujuan untuk menyebarkan informasi-informasi berita dengan cara me-retweet akun-akun media mainstream.
  2. @maswiro3
    akun username @maswiro merupakan akun yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 1.696 dan akun ini memang sering melakukan retweet dari aktivis-aktivis politik dan media mainstream.
  3. @fernaldyrizky11
    akun username @fernaldyrizky11 merupakan akun yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 130 dan akun ini melakukan retweet berita-berita dari media mainstream, gosip, dan olahraga.
  4. @alanesia
    akun username @alanesia merupakan akun yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 326 dan akun ini melakukan retweet berita-berita dari media mainstream.
  5. @erickconstant14
    akun username @erickconstant14 merupakan akun seorang mahasiswa yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 1.443 dan akun ini melakukan retweet berita-berita dari media mainstream, akun sepakbola, dan berita-berita yang trending.

Konten Sentimen pada Tragedi Kanjuruhan.

Gambar 13. Analisis Sentiment

Pasca terjadi tragedi Kanjuruhan tercatat bahwa sejak tanggal 1 Oktober hingga 13 Oktober terdapat 113.856 tweets (64,44%) yang berisikan konten kritikan, 53.283 tweets (30.16%) berisikan konten update berita Kanjuruhan dan berita para korban, kemudian hanya 9.541 tweets (5.40%) yang berisikan konten ucapan bela sungkawa dan penggalangan dana bantuan untuk para korban Kanjuruhan. Hasil analisis sentimen ini sejalan dengan hasil analisis topik yang menjadi perbincangan di media sosial twitter. Respon kritikan disebabkan karena banyaknya gambar dan video yang tersebar di media sosial terhadap tindakan polisi yang melakukan tembakan gas air mata kepada para penonton pertandingan sepakbola.

Gambar 14. Tren Sentimen Isu Kanjuruhan

Gambar 15. Persentase Tren Sentimen Isu Kanjuruhan

Tren sentimen isu Kanjuruhan sejak 1 Oktober hingga 19 oktober 2022 menunjukkan bahwa persentase konten kritikan publik lebih mendominasi jika dilihat pada gambar 15 dibandingkan dengan update penanganan kasus, dukungan bagi para korban yang dapat memulihkan keadaan, dan memberikan dukungan secara psikis kepada korban tragedi Kanjuruhan.

Gambar 16. Top Username berdasarkan Konten Sentimen.

Berdasarkan hasil analisis gambar 16 terdapat top username yang melakukan tweet dengan konten kritikan dan ucapan bela sungkawa. Top username tersebut bisa saja menjadi aktor atau akun yang menjadi sentral dalam penyebaran berita atau konten kritikan, dukungan, dan ucapan bela sungkawa.

 

Sentimen Negatif :

  1. @NarasiNewsRoom: Berita dengan konten kritikan terhadap polisi dan PSSI.
  2. @AremaIDN: Berita dengan konten kritikan terhadap polisi dan petugas yang tidak membuka pintu tribun.
  3. @detikcom: Berita dengan konten kritikan.
  4. @mazzini_gsp: Konten kritikan kepada polisi karena tidak memiliki rasa tanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan.

Berdasarkan hasil analisis konten sentimen, bahwa akun @NarasiNewsroom merupakan akun media mainstream dengan jumlah pengikut lebih dari 150 ribu dan top username dengan konten tweet isu Kanjuruhan berisikan berita kritisi dengan jumlah retweet sebesar 8.026.

Gambar 17. Contoh Konten Isu Kanjuruhan pada akun @NarasiNewsroom

Sentimen Netral:

  1. @AremaniaCulture: Berita kesaksian para korban selamat.
  2. @CNNIndonesia: Berita dengan konten update kondisi korban.
  3. @detikcom: Memberikan informasi update pemeriksaan usai tragedi Kanjuruhan.
  4. @korantempo: Berita Dokumentasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Akun @AremaniaCulture merupakan akun influencer media sosial twitter dengan jumlah pengikut sebanyak 5.685 dan konten tweet yang berkaitan dengan isu Kanjuruhan berisi informasi kesaksian para korban dan update keadaan para korban dengan jumlah retweet sebanyak 7.666.

Gambar 18. Contoh Konten Isu Kanjuruhan pada akun @AremaniaCulture

Sentimen Positif:

  1. @ilhamzada: Ucapan bela sungkawa terhadap korban Kanjuruhan.
  2. @ainurohman: Dukungan dan penggalangan dana bagi korban tragedy Kanjuruhan.
  3. @jokowi: Memberikan ucapan bela sungkawa.
  4. @temponewsroom: Berita dengan konten dukungan dan update kondisi para korban.

Kemudian akun @iIhamzada merupakan akun aktivis yang memiliki jumlah pengikut 40,7 ribu dan jumlah konten tweet tentang isu Kanjuruhan berisikan ucapan bela sungkawa dan dukungan bagi para korban Kanjuruhan.

Gambar 19. Contoh Konten Isu Kanjuruhan pada akun @iIhamzada

Social Network Analysis (SNA) Communication Bridges berdasarkan Konten Sentimen

Gambar 20. SNA Communication Bridges based on Sentiment

Tiga akun di atas yaitu @NarasiNewsroom, @AremaniaCulture, dan @iIhamzada merupakan top akun yang sering di retweet berdasarkan sentimennya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa username @NarasiNewsroom merupakan akun yang diretweet oleh publik dengan konten kritikan, username @AremaniaCulture diretweet publik berupa konten yang berisi update kondisi korban, dan username @iIhamzada merupakan akun yang diretweet publik dengan konten yang berisi ucapan bela sungkawa dan dukungan bagi para korban kanjuruhan.

 

Kluster 1

Kluster 1 merupakan kelompok username yang me-retweet akun @NarasiNewsroom dan @ilhamzada dengan konten kritikan (negatif) dan ucapan bela sungkawa (positif) sehingga menjadi jembatan dalam pertukaran informasi sekaligus menjadi akun penyebar informasi tersebut. Username yang mayoritas di kluster 1 adalah @luciaratihz yang memiliki 1.493 pengikut dan aktivitas yang dilakukan di sosial media hanya me-retweet akun media mainstream dan akun oposisi.

Gambar 21. Contoh tweet @NarasiNewsroom dan @ilhamzada yang di retweet oleh @luciaratihz

Kluster 2

Kluster 2 merupakan kelompok username yang me-retweet akun @AremaniaCulture dan @ilhamzada dengan konten update kondisi korban (netral) dan ucapan bela sungkawa (positif) sehingga menjadi jembatan dalam pertukaran informasi dan menjadi akun penyebar informasi dengan konten kebaikan. Username yang mayoritas di kluster 2 adalah @masdjodi1 yang memiliki 1.407 pengikut dan aktivitas yang dilakukan di sosial media hanya me-retweet akun aktivitas, pemerintahan, dan media mainstream.

Gambar 22. Contoh tweet @AremaniaCulture dan @ilhamzada yang di retweet oleh @masdjodi1

Kluster 3

Kluster 3 merupakan kelompok username yang me-retweet akun @AremaniaCulture, @NarasiNewsroom, dan @ilhamzada. Artinya bahwa kelompok username ini menjadi akun atau aktor penyebar berita dengan berbagai konten dan menjadi sumber informasi yang bisa saja bertindak. Username yang mayoritas di kluster 3 adalah @0xleg0w0 yang memiliki 5.435 pengikut dan aktivitas yang dilakukan di sosial media yaitu me-retweet akun aktivis, media mainstream, dan NFT marketplace.

Akun @OxlegOwO merupakan akun yang terhubung dengan orang-orang yang juga me-retweet salah satu berita diantara ketiga media @AremaniaCulture, @NarasiNewsroom, dan @ilhamzada. Kemungkinan publik mendapatkan informasi tersebut hasil dari retweet akun @OxlegOwO.

Gambar 23. Contoh tweet @AremaniaCulture, @NarasiNewsroom, dan @ilhamzada yang di retweet oleh @0xleg0w0

Kluster 4

Kluster 4 merupakan kelompok username yang me-retweet akun @AremaniaCulture dan @NarasiNewsroom. Artinya bahwa kelompok username ini menjadi akun penyebar berita konten kritikan dan konten update kondisi korban. Username yang mayoritas di kluster 4 adalah @alanesia merupakan akun yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 326 dan akun ini memang sering me-retweet berita-berita dari media mainstream.

Gambar 24. Contoh tweet @AremaniaCulture dan @NarasiNewsroom yang di retweet oleh @alanesia

Kesimpulan

  1. Tren isu Kanjuruhan di twitter setelah kejadian meningkat drastis hingga 96.500% pada tanggal 2 Oktober 2022 di dominasi oleh pembahasan terkait ucapan bela sungkawa dan penyebab terjadinya kerusuhan di stadion Kanjuruhan. Kemudian perbincangan tentang isu Kanjuruhan masih terus meningkat dan menjadi trending topik di twitter pada tanggal 3 Oktober dengan selisih peningkat sebesar 2.941% dari hari sebelumnya. Kerusuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan ini merupakan kerusuhan yang menggemparkan persepakbolaan tak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga dunia, bahkan sejumlah media asing membuat dokumentasi dan investigasi langsung ke stadion Kanjuruhan dan menjadi trending topik di twitter.
  2. Seiring dengan meningkatnya tren isu Kanjuruhan di twitter maka topik perbincangan publik pun sangat beragam lebih dari 20 topik dibahas oleh publik diantaranya mayoritas mengandung kalimat “korban tragedi Kanjuruhan” dan “gas air mata”. Hal ini menunjukkan bahwa kata korban, gas, air, dan mata mayoritas didalam konten perbincangan publik dikarenakan publik mulai menduga bahwa gas air mata merupakan penyebab dari banyaknya korban dalam tragedi Kanjuruhan.
  3. Kemudian setelah mengetahui topik yang berkaitan dengan isu Kanjuruhan maka dicari juga username mana saja yang menjadi sentral dan paling banyak melakukan tweet menyebarkan informasi berkaitan dengan kanjuruhan serta paling banyak mendapatkan likes, replies, dan retweets. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 5 akun yang menjadi sentral dan yang paling sering mendapatkan banyak likes, replies, dan retweets adalah @CNNIndonesia dengan didominasi oleh topik pembahasan korban dan gas air mata sesuai dengan analisis sebelumnya.
  4. Berdasarkan jumlah retweetnya, username @CNNIndonesia, @detikcom, dan @FaktaSepakbola merupakan username yang paling sering di retweet. Kemudian setelah dilakukan analisis jaringan sosial diketahui bahwa username @biskota_, @maswiro3, @fernaldyrizky11, @alanesia, dan @erickconstant14 merupakan username yang paling sering me-retweet ketiga akun tersebut dan menjadi penghubung pertukaran informasi (communication bridges), akun tersebut juga merupakan akun-akun yang aktivitas nya melakukan retweet dari tweet atau berita-berita yang sedang trending topik.
  5. Setelah diketahui akun mana saja yang paling sering di retweet, maka dilakukan juga analisis sentimennya untuk mengetahui jenis konten yang disebarkan oleh akun-akun di sosial media twitter terkait dengan isu Kanjuruhan, diketahui bahwa 64.66% merupakan konten kritikan dan sejalan dengan analisis topik yang telah dilakukan.
  6. Username @NarasiNewsroom, @AremaniaCulture, dan @iIhamzada merupakan top akun yang banyak di retweet berdasarkan sentimennya. Username @NarasiNewsroom merupakan akun yang di retweet dengan konten kritikan, username @AremaniaCulture merupakan akun yang diretweet berupa konten yang berisi update kondisi korban, dan username @iIhamzada merupakan akun yang diretweet konten yang berisi ucapan bela sungkawa dan dukungan bagi para korban kanjuruhan.
  7. Berdasarkan hasil analisis jaringan sosial pada akun @NarasiNewsRoom, @AremaniaCulture, dan @iIhamzada diketahui bahwa terdapat 4 kluster yang menjadi communication bridges dan akun yang mayoritas di 4 kluster tersebut adalah @luciaratihz, @masdjodi1, @0xleg0w0 , dan @alanesia.
  8. Akun @OxlegOwO merupakan akun yang diduga menjadi akun pusat penyebar isu Kanjuruhan karena berdasarkan hasil jaringan pertemanannya akun ini terhubung dengan orang-orang yang juga menyebarkan salah satu berita diantara ketiga media @AremaniaCulture, @NarasiNewsroom, dan @ilhamzada. Kemungkinan publik mendapatkan informasi tersebut hasil dari retweet akun @OxlegOwO.

Copyright © 2023 Media Kode Indonesia. All rights reserved.

en_USEnglish